Jasa Konsultan Pajak Jakarta Selatan

Karena Indonesia menggunakan sistem pemungutan pajak Self Assessment System untuk PPN dan PPh, wajib pajak merupakan pihak yang aktif dalam proses perhitungan , pembayaran dan pelaporan pajaknya. Disinilah peran dari konsultan pajak yang dibutuhkan untuk menyelesaikan urusan-urusan perpajakan wajib pajak seperti perhitungan , pelaporan , pembayaran dan konsultasi pajak

 

Jasa Konsultan Pajak Jakarta

Konsultan pajak merupakan orang ataupun lembaga yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak. Tetapi, mengapa kita memerlukan jasa konsultan pajak? Konsultan pajak diperlukan oleh wajib pajak dalam menolong urusan perpajakan usaha wajib pajak tersebut seperti konsultasi serta menolong melaporkan serta membayar pajak klien.

Secara umum konsultan pajak diartikan sebagai orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak serta memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang- undangan perpajakan.

Sederhananya, konsultan pajak merupakan orang yang bertugas menolong wajib pajak mengurus seluruh perihal yang berhubungan dengan pajak. Dengan hadirnya adanya konsultan pajak, diharapkan pihak yang memakai jasa konsultan tersebut bisa melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan juga merasakan manfaat dari membayar pajak.

Di Indonesia, telah banyak industri yang memakai jasa konsultan pajak dalam rangka efisiensi perusahaan. Berikut ini layanan yang umumnya diberikan konsultan pajak pada para pengguna jasanya:

  1. Kepatuhan pajak.

Konsultanpajak mengurusi hal- hal yang berhubungan dengan kpatuhan pajak kliennya misalnya semacam menghitung, membayar serta melaporkan pajak.

  1. Konsultasi

Konsultan pajak menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan yang dialami wajib pajak.

  1. Restitusi Pajak

Apabila klien memerlukan pengembalian kelebihan pembayaran pajak alias restitusi, konsultan pajak bisa membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan informasi, penyampaian restitusi, pengecekan hingga proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.

  1. Perencanaan Pajak

Konsultan pajak melakukan jasa perencanaan pajak pada klien yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan klien. Termasuk di dalam perencanaan pajak ini merupakan pembuatan laporan tahunan konsultan pajak.

  1. Penyelesaian Sengketa Pajak

Konsultan pajak bisa memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak yang dialami oleh waji pajak.

  1. Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak mempunyai tanggung jawab untuk mewakili ataupun mendampingi klien disaat pemeriksaan pajak. Perihal ini dilakukan sebab tidak sedikit klien yang kurang menguasai kasus masalah perpajakannya. Konsultan pajak juga turut menolong mempersiapkan informasi ataupun dokumen yang diperlukan dikala pengecekan.

Keuntungan Memakai Jasa Konsultan Pajak

Berikut adalah beberapa keuntungan keuntungan yang bisa didapat ketika menggunakan jasa konsultan pajak :

  1. Lebih efektif sebab tingkat kesalahan yang ada sangat kecil sehingga sedikit resiko untuk membayar lebih.
  2. Perusahaan dapat melaksanakan perencanaan pajak ataupun tax planning.
  3. Perusahaan tidak terbebani dengan urusan administratif pajak pada saat membuat laporan berikut proses pelaporannya sebab perihal permasalahan tersebut telah ditangani secara langsung oleh para pakar dari konsultan pajak.
  4. Persusahaan bisa lebih fokus dalam pengembangan bisnis.
  5. Perusahaan lebih aman disaat menjalani pemeriksaan pajak sebab didampingi pihak konsultan yang menguasai prosedur pengecekan dan mengantisipasi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan.
  6. Dapat menanggulangi permasalahan dengan cepat serta tuntas sehingga tidak menyita pikiran serta waktu pimpinan perusahaan.
  7. Owner serta manajemen perusahaan dapat beraktifitas seperti biasa tanpa ada beban sebab urusan pajak telah ditangani oleh orang yang kompeten.

 

Berapa Fee Jasa Konsultan Pajak?

Biaya jasa konsultan pajak terentang bervariasi sesuai dengan keperluan wajib pajak dan jasa apa saja yang ingin digunakan oleh wajib pajak , terdapat beberapa hal yang mempengaruhi biaya jasa konsultan pajak, diantaranya:

  1. Besarnya omzet usaha Wajib Pajak Pengusaha/ Perusahaan per tahun pajak
  2. Berapa banyak jumlah pegawai ataupun karyawan wajib pajak
  3. Total nilai Harta/ Aset yang dimiliki oleh Wajib Pajak Orang Individu/ Badan
  4. Nilai sengketa pajak baik restitusi ataupun kurang bayar untuk kasus pemeriksaan pajak, keberatan serta banding

 

Terdapat pula beberapa komponen lain yang jadi aspek pendukung dalam penetapan harga jasa konsultan pajak, antara lain:

  1. Sertifikasi ataupun lisence yang dipegang oleh konsultan pajak
  2. Jam terbang ataupun banyaknya permasalahan perpajakan yang sudah ditangani serta diselesaikan
  3. Jauhnya jarak kantor Konsultan dengan domisili Klien( biaya akomodasi), era saat ini jarak sudah tidak lagi menjadi halangan karena kemajuan teknologi informasi yang memungkinkan kita menggunakan jasa konsultan pajak tanpa perlu pergi ke kantor konsultan.

 

Apa saja hak- hak serta kewajiban- kewajiban yang dimiliki oleh konsultan pajak?

Konsultan Pajak berhak untuk memberikan jasa konsultasi di bidang perpajakan sesuai dengan batas tingkatan kemampuan sebagaimana tercantum dalam izin praktik yang dimilikinya.

Dalam melaksanakan praktiknya, Konsultan Pajak wajib:

  1. Memberikan jasa konsultasi perpajakan sesuai dengan peraturan perundang undangan perpajakan yang berrlaku
  2. Mematuhi kode etik Konsultan Pajak serta berpedoman pada standar profesi Konsultan Pajak
  3. Menyampaikan laporan tahunan Konsultan Pajak
  4. Memberitahukan secara tertulis kepada Direktur Jenderal Pajak mengenai tiap perubahan informasi diri dari Konsultan pajak dengan melampirkan bukti perubahan dimaksud;
  5. Memberitahukan secara tertulis kepada Direktur Jenderal Pajak mengenai perubahan asosiasi Konsultan Pajak;
  6. Mendokumentasikan:

Surat kontrak/ perjanjian dengan persekutuan/ badan hukum tempat Konsultan Pajak berpraktik dalam memberikan jasa konsultasi kepada tiap wajib pajak; atau Surat kontrak/ perjanjian dengan wajib pajak, yang jadi dasar penataan Laporan Tahunan Konsultan Pajak;

  1. Menyetujui publikasi informasi Konsultan Pajak berupa nama serta alamat Konsultan Pajak pada aplikasi administrasi Konsultan Pajak.

Apa bedanya konsultan pajak dan kuasa hukum pajak?

Pengertian dari kuasa hukum pajak merupakan orang perseorangan yang dapat mendampingi maupun mewakili para wajib pajak selaku pihak yang bersengketa pada Majelis hukum Pajak. Siapapun orang yang hendak jadi seseorang pengacara ataupun kuasa hukum pajak tersebut haruslah sudah mempunyai izin pemberian kuasa dari Pimpinan Majelis hukum Pajak.

Jadi perbedaan kuasa hukum pajak dengan konsultan pajak terletak pada fungsi serta peranannya, kuasa hukum berperan untuk mewakili wajib pajak yang bersengketa pada majelis hukum pajak sedangkan konsultan pajak berperan untuk memberikan jasa konsultasi kepada wajib pajak dalam rangka memenuhi kewajiban perpajakannya.

 

Perlukah Menggunakan Jasa Konsultan Pajak?

Setelah memahami apa itu konsultan pajak seta tugas , peran , hak dan kewajibannya , Anda mungkin masih bingung apakah Anda perlu menggunakan konsultan pajak atau tidak untuk menanggapi persoalan persoalan terkait perpajakan. Terlebih tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa konsutan pajak yang terbilang tidak murah sehingga bisa saja membebani kas perusahaan.

Keputusan tentang perlu tidaknya menggunakan jasa konsultan pajak haruslah diperhitungkan sesuai kebutuhan wajib pajak itu sendiri dan harus diperkirakan dengan kemampuan finansial wajib pajak.

Pilihan yang tepat harus dapat diambil oleh wajib pajak sehingga seluruh kegiatan dan hal yang berhubungan tentang perpajakan dapat teratasi dengan baik dan maksimal.

 

Konsultan Pajak Jakarta Selatan oleh CREATIVE CONSULTANT

Setelah membaca informasi diatas saatnya kamu memutuskan untuk menghubungi jasa konsultan pajak yang terpercaya, Kami dari PT MITRA NIAGA KORPORINDO siap membantu pelayanan pajak perusahaan Anda.

CREATIVE CONSULTANT BY
PT. MITRA NIAGA KORPORINDO
RUKO KOMPLEK TANJUNG BARAT INDAH NO F7-F8, RT.1/RW.2, TJ. BAR., KEC. JAGAKARSA, KOTA JAKARTA SELATAN, DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA 12510

 

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents

On Key

Related Posts

Lapor Pajak

Daftar Isi1 METODE LAPOR PAJAK1.1 Bagaimana Cara Melapor SPT Badan?1.2 Panduan Aktivasi EFIN1.3 Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan1.4 Cara Lapor SPT Tahunan Online Individu

Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

Di Indonesia, bentuk perusahaan yang cukup sering di dengar serta banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Perseroan Terbatas (PT) dan juga Perseroan Komanditer (CV). Pelaku

Virtual Office

Perkembangan teknologi yang membuat orang-orang bisa bekerja secara remote dari manapun mereka berada dengan menggunakan internet dan platform-platform yang sudah tersedia saat ini  membuat adanya

Buka WhatsApp
by PT MITRA NIAGA KORPORINDO
Hallo, Chatting via WhatsApp yuk.. GRATIS..!!!