Mencari Virtual Office di Indonesia?

Untuk mendirikan perusahaan yang terdaftar di Indonesia, pelaku usaha harus mendaftar di kawasan komersial yang ditentukan pemerintah. Maka dengan adanya virtual office, pelaku usaha dapat memenuhi aturan ini sekaligus menghemat biaya dibandingkan menggunakan kantor fisik. Hal ini sangat membantu untuk pelaku usaha pemula atau pelaku usaha yang lebih fokus pada kerja lapangan daripada pekerjaan kantor.    

Namun, tidak semua perusahaan dapat menggunakan layanan ini dan regulasi pun sering berubah. Di bawah ini, kami akan menjelaskan apakah perusahaan Anda diperbolehkan menggunakan virtual office di Indonesia, dan apa saja alternatifnya. 


Bisakah perusahaan asing menggunakan virtual office?

Ini sedikit rumit.

Hingga saat ini, perusahaan asing tidak diizinkan menggunakan virtual office di Indonesia. Mereka harus mendaftarkan alamat fisik di area komersial yang ditentukan.  

Namun, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan peraturan baru tentang hal ini pada Mei 2019. Peraturan baru ini secara implisit membolehkan perusahaan asing menggunakan layanan virtual office dari vendor dengan sertifikat Pajak Pertambahan Nilai (PPN).  

Sampai saat itu, kami menyarankan bahwa kantor virtual mungkin belum menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan asing .  


Apakah ada perusahaan yang harus menggunakan ruang kantor fisik?

Iya.

Meskipun sebagian besar jenis perusahaan lokal bebas menggunakan kantor virtual, pemerintah Indonesia mewajibkan beberapa kategori untuk mendirikan badan hukum dengan ruang kantor fisik . 

Bidang bisnis yang tidak dapat menggunakan kantor virtual meliputi:

Perusahaan e-commerce

Jika sebuah bisnis ingin terdaftar pada badan hukum sebagai perusahaan e-commerce di Indonesia, mereka harus menggunakan ruang kantor fisik. Meskipun pemerintah Indonesia mendukung pengembangan e-commerce, perusahaan-perusahaan ini memerlukan lokasi bisnis fisik untuk memastikan akuntabilitas kepada pelanggan mereka dan mengurangi risiko penipuan.

Perusahaan konstruksi

Sebuah perusahaan konstruksi di Indonesia memerlukan izin operasi khusus yang tidak dapat mereka peroleh jika menggunakan kantor virtual. Ada masalah logistik juga; Jika sebuah perusahaan mengoperasikan alat berat, mereka perlu menyimpan dan mendistribusikannya di area yang ditentukan untuk mencegah gangguan publik.

Pariwisata

Seperti halnya konstruksi, bisnis pariwisata juga membutuhkan izin khusus yang hanya bisa didapat setelah dilakukan survei oleh Kementerian Pariwisata. Tempat wisata dan fasilitas hiburan juga membutuhkan lokasi fisik yang telah melewati izin pemerintah, sanitasi, dan regulasi keselamatan.

Perusahaan transportasi

Setiap perusahaan yang mengangkut orang atau barang juga membutuhkan kantor fisik. Karena perusahaan transportasi sering kali bertanggung jawab untuk memindahkan properti orang lain, mereka memerlukan lokasi fisik yang dapat dirujuk oleh pelanggan mereka jika perlu.

Pengembang properti

Karena perusahaan properti sering kali melibatkan pemindahan uang dalam jumlah besar, mereka perlu beroperasi dengan kantor fisik. Memiliki kantor fisik di mana mereka beroperasi membantu memastikan akuntabilitas bagi pemerintah dan pemangku kepentingan mereka.

Penyelenggara acara

Perusahaan penyelenggara acara sering bekerja dengan banyak penyedia layanan lain seperti kurir, katering, penghibur, dan logistik. Memiliki ruang kantor fisik membantu pemangku kepentingan lainnya ini berkoordinasi dengan penyelenggara acara agar lebih lancar dan dapat memantau kemajuan proyek.


Bagaimana jika saya tidak dapat menggunakan kantor virtual?

Jika jenis perusahaan Anda dibatasi dalam beberapa hal, opsi jangka panjang terbaik adalah ruang kantor fisik . Kantor fisik memungkinkan Anda menikmati semua manfaat hukum dan praktis dari kantor Anda sendiri, dengan lebih banyak fleksibilitas dan biaya lebih sedikit. Jika Anda masih khawatir dengan pengeluaran jangka panjang, Anda dapat mencoba tempat seperti Greenhouse yang mengenakan biaya per orang dan bukan per kamar atau meter persegi.  

Namun, ini tergantung pada banyak faktor seperti anggaran, rencana bisnis, dan bidang bisnis Anda saat ini. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan kami sebelum memutuskan layanan apa yang akan digunakan. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami pada nomer yang tertera.
Butuh virtual office? creativeconsultant solusinya!

Created by Fatah Isma
Referensi : https://greenhouse.co/blog/the-use-of-virtual-office-id/

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents

On Key

Related Posts

Lapor Pajak

Daftar Isi1 METODE LAPOR PAJAK1.1 Bagaimana Cara Melapor SPT Badan?1.2 Panduan Aktivasi EFIN1.3 Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan1.4 Cara Lapor SPT Tahunan Online Individu

Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

Di Indonesia, bentuk perusahaan yang cukup sering di dengar serta banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Perseroan Terbatas (PT) dan juga Perseroan Komanditer (CV). Pelaku

Virtual Office

Perkembangan teknologi yang membuat orang-orang bisa bekerja secara remote dari manapun mereka berada dengan menggunakan internet dan platform-platform yang sudah tersedia saat ini  membuat adanya

Buka WhatsApp
by PT MITRA NIAGA KORPORINDO
Hallo, Chatting via WhatsApp yuk.. GRATIS..!!!