Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

Di Indonesia, bentuk perusahaan yang cukup sering di dengar serta banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Perseroan Terbatas (PT) dan juga Perseroan Komanditer (CV). Pelaku usaha di Indonesia seringkali merasa bimbang ketika ingin menentukan bentuk usaha yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dua bentuk usaha yang paling umum tersebut digunakan oleh pelaku usaha di Indonesia yang mana kedua bentuk usaha tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut pengertian Perseroan Terbatas (PT);

Perseroan Terbatas merupakan badan hukum yang terdiri dari persekutuan modal dan pendiriannya berdasarkan perjanjian. Selain merupakan badan hukum, PT banyak diminati karena memiliki beberapa kelebihan, PT merupakan badan usaha yang memiliki keuntungan lebih dibanding CV.

Mengapa demikian?

  1. Tanggung Jawab yang terbatas

Penamaan PT yang berarti Perseroan Terbatas tidak tanpa makna. Tanggung jawab para pemegang saham yang terbatas hanya dengan modal/saham yang dimilikinya, sehingga jika terdapat kerugian terhadap perseroan, maka tanggungjawab para pemegang saham sebesar modal yang disetornya saja.

  1. Kekayaan yang terpisah dengan individu pemegang saham

Karena konsep PT yang terbatas tanggungjawabnya dan PT ialah badan hukum yang juga sebagai subjek hukum selain orang. PT juga dapat mempunyai kekayaan sebagaimana orang yang memiliki kekayaan, namun PT tidak bisa bergerak tanpa ada orang/pemegang saham atau pengurusnya.  Hanya dengan memilih bentuk usaha PT, maka antara orang/pemegang saham dalam suatu PT tersebut lebih aman secara hukum. Jika Perseroan Terbatas (PT) mengalami kerugian, maka tidak sampai mengambil harta kekayaan individu pemegang saham.

  1. Modal/saham dapat diperjualbelikan dan digadaikan

Sewaktu-waktu PT sangat memungkinkan terjadi kemajuan usaha dan berkembangnya portfolio bisnis membuat suatu PT bernilai untuk banyak orang. Tidak sedikit orang juga menganggap pembelian saham merupakan suatu investasi.  PT adalah bentuk usaha dengan sekumpulan saham/modal, saham tersebut menurut ketentuan UU dapat diperjualbelikan dan dijaminkan. Menguntungkan bukan?

  1. PT dianggap lebih terpercaya dan profesional

PT adalah subjek hukum yang dapat berdiri sendiri dan terpisah kekayaan dari pemiliknya sehingga dianggap profesional. Tidak hanya itu, PT juga mempunyai struktur yang jelas terdiri atas Direksi, Dewan Komisaris, dan Pemegang Saham sehingga pengurusan dan pertanggungjawaban sesuai dengan good corporate governance.

Syarat Mendirikan PT (Perseroan Terbatas)

Dalam mendirikan Perseroan Terbatas (PT) tentunya memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, berikut dijelaskan mengenai syarat mendirikan PT

  1. Bidang Usaha PT

Pemerintah telah membuat penyesuaian terhadap kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang diatur melalui Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik yaitu, Peraturan Kepala BPS No.19 Tahun 2017 (Perka 19/2017), yang menggantikan Peraturan Kepala BPS No. 95 Tahun 2015 tentang KBLI (Perka 95/2015). Melalui Perka ini Anda diharapkan lebih mudah memilih jenis bidang usaha (dengan memilih kode di KBLI) untuk diajukan dalam perizinan administratif.

2. Nama PT dan Stempel PT

Syarat ini dibutuhkan untuk menghindari perusahaan Anda memiliki kesamaan nama dengan perusahaan lain, dari jenis bidang usaha yang sama atau pun bidang usaha yang berbeda. Nama PT memiliki syarat minimal 3 kata dan lengkapi dengan menyiapkan stempel bertuliskan nama PT tersebut.

 

3. Fotokopi KTP dan NPWP Pemegang Saham

Struktur keuangan berdasarkan kepemilikan saham dalam suatu PT, setidaknya terdiri dari 2 orang. Jumlah minimal ini bisa saja melibatkan suami dan istri, asalkan keduanya sudah lebih dahulu menyepakati perjanjian pemisahan harta. Jika tidak ada perjanjian tersebut, kepemilikan saham keduanya akan tetap dianggap mewakili 1 orang.

4. Fotokopi KTP dan NPWP Pengurus

Dikarenakan tidak semua pemegang saham terlibat langsung dalam operasional perusahaan, identitas pengurus dalam struktur organisasi menjadi syarat mutlak yang harus disiapkan. Untuk menjalankan sebuah perusahaan, fotokopi identitas dan riwayat kepatuhan pajak dari 1 orang direktur dan 1 orang komisaris merupakan syarat minimal yang harus Anda lengkapi.

5. Fotokopi Kartu Keluarga Direktur

Peran sebagai penggerak operasional perlu dipertegas dengan status kepemimpinan dan tanggung jawab dari seorang direktur. Walaupun pada praktiknya pemegang saham bisa saja menjadi penanggungjawab, namun identitas yang disyaratkan adalah fotokopi kartu keluarga direktur saja.

  1. Pas Foto Direktur 2 lembar Ukuran 3×4

Syarat teknis administratif ini juga wajib dilengkapi terkait status kepemimpinan dan pertanggungjawaban hukum.

7. Tanda Bukti Kepemilikan atau Perjanjian Sewa Domisili Usaha

Tentunya setiap daerah memiliki persyaratan zonasi usaha yang relatif berbeda. Seperti perangkat aturan di wilayah Jakarta yang tertuang dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (Perda DKI 1/2014).

Zonasi usaha di wilayah Jakarta sudah terbagi dalam zona-zona seperti zona pemukiman, zona campuran, dan sebagainya. Dengan adanya IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang menyatakan peruntukan bangunan yang dibangun sebagai tempat usaha bukan jaminan. Anda bisa memastikan zonasi usaha dengan mengunjungi kelurahan setempat bertujuan agar mencegah berbagai kendala di masa mendatang. Prosea pengajuan permohonan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) akan diproses selama ± 7 hari kerja.

8. Foto Gedung dan Ruangan Kantor

Untuk dokumen pelengkap Anda bisa menyertakan foto gedung dan ruangan kantor

9. Surat Keterangan Domisili Gedung/Ruko

Dokumen pelengkap yang disebutkan di atas harus dilengkapi juga dengan surat keterangan domisili gedung. Jika Anda menempati bangunan seperti ruko, surat keterangan domisilinya harus memuat format penjelasan dari RT/RW setempat.

10. Fotokopi Sertifikat BPJS Ketenagakerjaan

BPJS adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan memberikan perlindungan dan kesejahteraan sosial khususnya bagi buruh atau pekerja.

Menurut PP No.45 Tahun 2015 (tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun), dijelaskan bahwa pemberi kerja selain penyelenggara wajib mendaftarkan seluruh pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan. Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, saat ini telah diberlakukan ketentuan baru (Surat Edaran BPTSP DKI Jakarta Nomor 24/SE/2016) mengenai persyaratan kepesertaan badan usaha pada BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan terkait pendirian PT. Persyaratan tersebut akan diberlakukan untuk permohonan Izin Usaha Perdagangan Besar (SIUP Besar) dan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK).

Biaya Pembuatan PT

Berdasarkan syarat pendirian PT, modal dasar minimal yang harus dimiliki yaitu sekitar Rp50 juta dan untuk modal setor minimalnya yaitu sejumlah 25 persen dari modal dasar, yang merupakan tanggung jawab dari 2 orang pemegang saham.

Menurut jumlah modal setornya, PT bisa diklasifikan menjadi 3 jenis, yaitu:

(1) PT Klasifikasi Kecil dengan modal setor antara Rp50-500 juta;

(2) PT Klasifikasi Menengah dengan modal setor antara Rp500 juta-10 miliar; dan

(3) PT Klasifikasi Besar dengan modal Setor di atas Rp10 miliar.

Dari perbedaan jumlah modal setor tersebut, tiap perusahaan memiliki biaya yang berbeda dalam proses pengurusan syarat pendirian PT. Selain itu, faktor lain yang bisa memengaruhi pembiayaan jasa pembuatan PT adalah waktu penyelesaiannya.

Contohnya seperti PT dengan modal setor minimum akan membutuhkan proses pengurusan selama 38 hari kerja dengan biaya sekitar Rp8-9,5 juta. Apabila mereka ingin mempercepat proses penyelesaiannya menjadi 22 hari kerja, mereka akan dikenakan biaya mulai dari Rp10,5 juta.

Sementara untuk PT dengan modal besar di atas Rp10 miliar, proses pengurusan selama 38 hari kerja akan membutuhkan dana sekitar Rp10-11,5 juta. Pengurusan pendirian PT dalam waktu yang lebih cepat, yakni selama 22 hari kerja, biasanya akan dikenakan biaya mulai dari Rp12,5 juta.

Jasa Pembuatan PT

Jasa Pembuatan PT adalah penyedia jasa pengurusan perizinan pendirian PT. Jasa tersebut diberikan berkaitan dengan pihak birokrasi dalam pengurusan berbagai syarat pendirian PT, sesuai dengan aturan perundang-undangan. Jasa pembuatan PT ini sangatlah mudah ditemukan, khususnya di Ibukota Jakarta. Dengan menggandeng jasa penyedia pembuatan PT, maka seluruh proses diharapkan akan lebih pasti dan lebih cepat, sehingga Anda menjadi mudah untuk mendirikan PT yang legal di Tanah Air.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents

On Key

Related Posts

Lapor Pajak

Daftar Isi1 METODE LAPOR PAJAK1.1 Bagaimana Cara Melapor SPT Badan?1.2 Panduan Aktivasi EFIN1.3 Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan1.4 Cara Lapor SPT Tahunan Online Individu

Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

Di Indonesia, bentuk perusahaan yang cukup sering di dengar serta banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Perseroan Terbatas (PT) dan juga Perseroan Komanditer (CV). Pelaku

Virtual Office

Perkembangan teknologi yang membuat orang-orang bisa bekerja secara remote dari manapun mereka berada dengan menggunakan internet dan platform-platform yang sudah tersedia saat ini  membuat adanya

Buka WhatsApp
by PT MITRA NIAGA KORPORINDO
Hallo, Chatting via WhatsApp yuk.. GRATIS..!!!