Konsep virtual office sudah ada sejak awal 1980-an dan telah berubah selama beberapa dekade dengan perkembangan teknologi. Misalnya, virtual office pada tahun 1980-an memberikan layanan faks dan sekarang telah berubah menjadi layanan scan keemail, di mana surat fisik discan dan dikirim melalui email ke klien. Meskipun virtual office semakin populer selama beberapa tahun terakhir, idenya sebenarnya telah ada selama beberapa dekade. Ada perdebatan yang sedang berlangsung tentang siapa yang menciptakan istilah virtual office.

       Menurut sebuah artikel di Infoworlds yang diterbitkan pada tahun 1982, seorang jurnalis yang bernama John Markoff yang pertama kali menyebut istilah ‘virtual office’. Dalam artikel, Markoff menulis bahwa virtual office akan dibangun di sekitar komputer pribadi portabel dan jaringan area lokal yang akan memperluas cakrawala kerja secara dramatis. Markoff juga menyatakan bahwa di masa depan virtual office, karyawan tidak lagi terkendala oleh peralatan komputer atau lokasi geografis. Mereka akan bebas bepergian atau berinteraksi dengan orang lain sambil mengkomunikasikan informasi dengan alat yang tepat. Kantor fisik tidak akan memiliki kepentingan sentral seperti saat ini.

       Virtual office pertama dipasang secara akurat pada tahun 1989 oleh Ralph Gregory di Boulder, Colorado. Ralph mendirikan ‘The Virtual Office Inc’ karena anak pertamanya lahir dan dia ingin bisa bekerja dari rumah dan menghabiskan waktu bersamanya.

       Lalu pada tahun 1989, setelah melakukan perjalanan bisnis ke Belgia, pengusaha miliarder Inggris Mark Dixon mendirikan perusahaannya Regus yang menyediakan suite eksekutif dengan harga terjangkau kepada klien. Meskipun perusahaan ini bangkrut pada tahun 2003, namun dapat membalikkan keadaan dalam waktu kurang dari setahun setelah menerima pembiayaan dari perusahaan induk. Sekarang menjadi perusahaan global besar, terdaftar di pasar saham Amerika.

       Pada tahun 1990, mesin pencari Internet pertama dikembangkan oleh McGill University. Pada tahun 1991, World Wide Web dirilis ke publik. Juga di tahun yang sama, webcam pertama dikembangkan di Cambridge University. Pada tahun 1992, “Virtual Office” menjadi merek dagang terdaftar untuk pertama kalinya saat Richard Nissen mendaftarkan istilah tersebut ke Kantor Kekayaan Intelektual Inggris Raya.

       Telepon Symbian pertama, Smartphone Ericsson R380 layar sentuh dirilis pada tahun 2000. Ini menggabungkan PDA dengan telepon seluler. Pada tahun 2003, Skype dirilis ke publik sebagai alat konferensi yang memungkinkan komunikasi berbasis IP gratis menggunakan mikrofon, webcam, dan pesan instan kepada konsumen individu. Jadi, Virtual Office sebenarnya dimulai setelah ini.

Virtual Office di Indonesia
Perkembangan virtual office di Indonesia dapat dikaitkan dengan masa-masa terakhir Orde Baru, di mana Indonesia mendapatkan banyak investasi sehingga meningkatkan permintaan akan ruang kantor secara drastis. Naiknya harga sewa ruang kantor membuat beberapa perusahaan berfikir kembali untuk menyewa ruang kantor.

       Kondisi itu diperparah dengan timbulnya krisis moneter pada tahun 1997. Krisis itu berlanjut menjadi krisis multidimensi yang menyebabkan bermacam gejolak di masyarakat, termasuk pada sektor ekonomi.

       Perkembangan bisnis virtual office di luar negeri seakan menjadi contoh model bisnis perkantoran alternatif. Alhasil usaha pelayanan virtual office mulai menjamur di Indonesia dan ternyata sangat cocok bagi usaha model start-up yang juga mulai tumbuh di Indonesia.

Recreated by Fatah Isma Fadilla
Referensi : https://startuptalky.com/virtual-office/

https://legalo.id/2018/10/15/ini-sejarah-virtual-office/

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents

On Key

Related Posts

Lapor Pajak

Daftar Isi1 METODE LAPOR PAJAK1.1 Bagaimana Cara Melapor SPT Badan?1.2 Panduan Aktivasi EFIN1.3 Cara Lapor SPT Tahunan Online Badan1.4 Cara Lapor SPT Tahunan Online Individu

Pendirian Perseroan Terbatas (PT)

Di Indonesia, bentuk perusahaan yang cukup sering di dengar serta banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Perseroan Terbatas (PT) dan juga Perseroan Komanditer (CV). Pelaku

Virtual Office

Perkembangan teknologi yang membuat orang-orang bisa bekerja secara remote dari manapun mereka berada dengan menggunakan internet dan platform-platform yang sudah tersedia saat ini  membuat adanya

Buka WhatsApp
by PT MITRA NIAGA KORPORINDO
Hallo, Chatting via WhatsApp yuk.. GRATIS..!!!